Rabu, 15 Juni 2016

Macam-macam Bidang Usaha

Berikut merupakan macam-macam bidang usaha yang dapat kita lakukan sesuai dengan minat dan bakan yang dapat kita kerjakan:

1. Bidang Agribisnis
Agribisnis merupakan salah satu bidang usaha yang meliputi:
  • Pertanian
Pertanian merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek menjanjikan, karena ketersediaan beras, sayur-mayur dan lauknya selalu dituntut setiap orang, dan dibutuhkan setiap hari. Usaha sektor ini dapat dilakukan dengan membuka pertanian jangka pendek, seperti usaha penanaman sayur. Pertanian jangka misalnya penanaman jeruk, pisang, nanas. Sedangkan untuk pertanian jangka panjang seperti : penanaman karet, lada dan kelapa sawit.
  • Perkebunan
Ada tiga kategori dalam sektor perkebunan ini, yaitu perkebunan buah, bunga atau tanaman hias serta tanaman obat. Buah-buahan merupakan salah satu unsur makanan yang selalu dibutuhkan untuk meningkatkan standar gizi. Prospek perkebunan buah sangat menjanjikan karena hampir semua kalangan baik masyarakat kecil maupun kalangan elit memerlukan buah sebagai pelengkap makan pokok.

  • Peternakan
Usaha bidang peternakan dapat berupa memelihara binatang dalam jumlah banyak yang bisa diambil manfaatnya, seperti daging, susu, telur, bulu dan lainnya. Bisa juga memelihara binatang yang dimanfaatkan karena keindahan bentuknya dan suaranya. Usaha bidang ini penuh tantangan dan dinamika serta penanganan khusus, karena yang dihadapi adalah makhluk hidup yang bergerak dan tentu memiliki kekhasan masing-masing.
  • Perikanan
Dilihat dari segi ekologi, sektor ini terbagi menjadi dua sektor, pertama; sektor perikanan air tawar (perikanan darat) seperti mujahir, lele, gurami, nila, ikan mas, bawal. Kedua; sektor perikanan air asin (perikanan laut) seperti bandeng, udang windu, cumi-cumi, kepiting, dan kerang hijau.

2. Bidang Perdagangan
          Secara garis besar perdagangan di bagi menjadi dua golongan yaitu : Pertama, perdagangan besar yaitu segala aktifitas menggerakkan barang-barang dari produsen kepada pedagang eceran atau lembaga marketing lainnya. Kedua, pedagang eceran yaitu mata rantai terakhir dalam penjualan barang ke konsumen. Hubungan mutualisme antara produsen dan pengecer akan menentukan berlangsungnya suatu komoditas produk. Usaha dalam sektor perdagangan dapat dilakukan dengan membuka toko atau kios, menjual makanan sehari-hari dan sektor perdagangan lainnya.

3. Bidang Produksi
          Bidang usaha ini merupakan bidang yang banyak menyerap tenaga kerja dan banyak diminati karena selain memberi peluang penghasilan yang besar juga lebih berorientasi pada hasil. Produksi yang dimaksud disini adalah proses pembuatan dari bahan dasar menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi menjadi barang siap pakai. Adapun contoh sektor produksi yang mungkin dikembangkan adalah sebagai berikut :
  • Produksi pangan
Peluang produk pangan ini sangat menjanjikan, karena modal tidak terlalu banyak, dan laba yang didapat bisa mencapai lima puluh persen dari omset. Sedangkan resiko kerugian sangat kecil. Tergantung kreatifitas dalam memasarkan, apakah dijual langsung ke konsumen, atau disetor ke toko dengan cara konsinyasi (titip jual).
  • Kerajinan tangan
Kerajinan tangan merupakan salah satu alternatif usaha yang bermodal pokok pada keterampilan. Disini jiwa kekreatifitasan dan inovatif sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha tersebut. Usaha sektor ini sangat menjanjikan karena konsumen dan pangsa pasarnya majemuk, tidak hanya dari satu segmen saja, sehingga jika karya kita bagus sangat potensial untuk bersaing dengan produk yang sudah ada.
  • Konveksi dan usaha menjahit
Konveksi atau usaha pakaian jadi merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek pasar yang tiada henti, mengingat pertumbuhan penduduk yang meningkat terus-menerus dari tahun ke tahun.


4. Bidang Jasa
 Bidang usaha ini, melakukan usaha dengan menjual keahlian atau sarana yang kita miliki guna membantu pihak lain yang dapat mendukung terpenuhnya suatu kebutuhan. Bidang jasa dapat mencakup sektor dibawah ini :
  • Transportasi
Usaha transportasi atau pengangkutan tergolong bidang jasa yang paling banyak dibutuhkan orang. Mobilitas penduduk dan barang setiap hari mendorong bidang ini berkembang sangat pesat.dan jenis usaha ini tidak akan lapuk oleh waktu, karena semua lini kehidupan dan pemerataan hasil produksi sangat bergantung perlu adanya transportasi/pengangkutan. Kelebihan usaha ini yaitu penghasilan relatif stabil dibanding usaha lainnya, dan kemungkinan untuk berkembang sangat besar. Sementara yang menjadi kendala utama adalah mahalnya sarana kendaran dan spare part bila terjadi kerusakan.
  • Keguruan
Peluang dalam sektor ini begitu mudah dan fleksibel, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, cukup dengan modal dasar kemampuan ilmu dan kemampuan mengajar. Tidak ada kerugian dalam terjun di bidang ini, kita dapat mengembangkan keilmuan kita sekaligus menamkan kebaikan kepada orang lain berupa ilmu yang bermanfaat.
  • Pertukangan
Peluang usaha bidang pertukangan ini sangat terbentang luas kerena perumahan merupakan kebutuhan primer manusia. Setiap hari meski ada orang yang membangun rumah yang berimplikasi pada kebutuhan pelengkap seperti pertukangan.
  • Perbengkelan / service
Prospek dalam usaha ini memungkinkan untuk di geluti karena dilihat dari kehidupan sehari-hari barang elektronik merupakan piranti pendukung dalam kehidupan manusia. Selama pemakaian tentu akan mengalami kerusakan yang masih dapat toleransi dapat diperbaiki. Disinilah kesempatan keahlian dibidang perbengkelan / service.
- Perantara
- Persewaan (rental)
- Terjemahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar