Minggu, 01 Mei 2016

Proposal Usaha

          Memiliki usaha sendiri menjadi solusi yang baik untuk kondisi Negara yang belum dapat memberikan lowongan kerja yang cukup bagi rakyatnya. Sisi lain dari wirausaha kita juga dapat memberikan pekerjaan kepada orang lain yang membutuhkannya. Dengan memiliki sikap ulet mau berjuang disetiap naik turunnya permintaan pasar, kuat menghadapi kejamnya pasar, tidak putus asa dalam menghadapi kegagalan dan selalu mempunyai ide cemerlang untuk melakukan pembaharuan menjadi kunci sukses dalam menjalankan wirausaha.
          Sekarang ini sudah banyak wirausaha muda yang telah berhasil menjalankan usahanya dari dapat memberikan pekerjaan kepada orang lain hingga dapat menjangkau bisnis internasional. Menjadi wirausaha sudahlah tidak menjadi masalah sulit bagi kita di era globalisasi ini, mobilitas untuk mengembangkan usaha hingga keluar negeri menjadi mudah. Ada satu hal yang perlu ditambahkan untuk membuat usaha anda menjadi lebih mudah menggapai kesuksesaan, yaitu proposal usaha.
          Dalam mensukseskan usaha kita perlu mempunyai proposal usaha yang baik. Proposal tidak hanya diperlukan bagi usaha besar, usaha yang kecil juga memerlukan proposal agar setiap langkah-langkah usaha dapat diukur untuk menghindari kerugian atau kegagalan ketika menjalankan usaha tersebut.
        
Proposal usaha merupakan salah satu usaha kita dalam mendapatkan bantuan modal.   Membuat proposal dilakukan sebelum memulai usaha anda karena proposal diperlukan dengan tujuan agar pelaku yang ingin menjalankan usaha mengerti secara detail hal apa yang diperlukan dan dipertimbangkan dalam mengembangkan usaha atau dapat dikataan proposal merupakan panduan bisnis yang akan mengarahkan setiap langkah anda.
Tujuan lainnya untuk mendapat gambaran awal strategi usaha dari sudut pandang orang lain dengan mempresentasikan proposal anda kepada orang lain atau kepada orang yang lebih paham dengan peluang bisnis. Selain itu dengan adannya proposal kita akan dapat memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan kita hadapi.
          Sering kali banyak para wirausaha kesulitan dalam membuat proposal usaha yang mereka inginkan. Karena kesalahan membuat propusal bisa fatal akibatnya.  Dan juga masih banyak kendala yang dihadapi pemohon damam membuat proposal, yaitu merangkai kata-kata. Maksud dan tujuan didalam proposal haruslah jelas dan tidak bertele-tele. Proposal juga harus dibuat semenarik mungkin supaya proposal dapat diterima pihak pemodal ataupun diberbagai instansi perusahaan.


Berikut merupakan kriteria yang baik dalam membuat proposal usaha:

  • Buatlah proposal seringkas mungkin jangan terlalu bertele-tele
  • Maksud dan tujuan haruslah jelas
  • Buat semenarik mungkin
  • Menggunakan bahasa yang baku dan sopan
  • Menjelaskan secara detail dan sebenarnya tentang keadaan usaha yang dijalankan
  • Menggunakan hitungan yang realistis dalam merancang anggaran kebutuhan serta hitungan asumsi pendapatan

Hal diatas merupakan bagian terpenting dan harus diperhatikan secara saksama dalam pembuatan proposal usaha.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar